Mendengarkan musik setara High End tak harus mahal, rakit dan dengarkan.
Do It Your Self.


Kamis, 09 Januari 2014

Kit Tone Control Parametric

Dalam sebuah rangkaian sound system, yang paling sederhana adalah sumber bunyi, kemudian amplifier, dan speaker. akan tetapi karena lingkungan atau ruang dengar yang berbeda-beda menyebabkan kualitas atau komposisi suara yang seharusnya terdengar tidak tepat porsinya, kadang bass bisa berkurang, treble bisa bertambah, atau sebaliknya, hal ini karena ada pantulan atau penyerapan suara oleh benda-benda di ruang dengar. Untuk itulah diperlukan Tone Control untuk mengatur agar komposisi suara yang keluar dari speaker terdengar natural, hal ini tergantung selera pendengar tentunya. 

Salah satu Tone Control yang pernah saya coba adalah Tone Control Parametric. Dari hasil uji coba saya, TC Parametric ini karakternya soft, mudah dalam mengatur Bass, Treble, dan Midrangenya, karena bersifat independen, jadi kualitas suaranya detil dan jernih. 

Pasangan amplifier, hampir cocok untuk semua power amplifier, jika diperlukan untuk di dalam ruangan menurut saya ( berdasarkan pengalaman saya) paling pas dipasangkan dengan Power Amplifier yang berintikan IC Hybrid buatan Sanyo (STK Series).

Ini jenis TC Parametric yang saya pakai :



Komponen yang dipakai sudah cukup bagus, meskipun bukan kualitas audio grade no.1
Akan tetapi Kualitas suara yang dihasilkan sudah melebihi dari harga yang ditawarkan


Demikian sedikit pengalaman saya menggunakan tone control parametric.

Terimakasih Sudah Mampir di www.winwanaudio.blogspot.com



19 komentar:

  1. setuju sekali mas, soalnya saya juga pake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir.. Iya, kadang suara indah bisa didapatkan dengan kit sederhana, asalkan perakitannya benar.

      Hapus
  2. Mas wan klo tone cntrol kyk gni msih ad gk n klo bikin anis brp rp??

    BalasHapus
  3. Untuk merakitnya, kita perlu box, dan asesorisnya dan juga trafonya.. Harga bs bervariasi, tergantung kualitas dari komponen yang kita beli.. untuk yang standard, kisaran Rp.500.000. Makasih udah berkunjung.

    BalasHapus
  4. Mas, klo harga parametric yg udh siap pakai, yampe brapa ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang udah jadi, harga 560rb mas..dengan kit model baru.. letak potensiometer pas dengan box, hasilnya, suara jadi jernih karena hampir tak ada nois..

      Thx udah mampir.

      Hapus
  5. Mas,mau nanya ya...Saya udah coba tambahkan TC ini ke power ampli STK saya,yg di dalamnya udah ada TC bawaan.Tp ketika saya pasang,kok suaranya ga karuan sama kecil gt ya? Trus potensio"nya jg kyk ga berfungsi.Kyk ada yg salah koneksinya gt.Trafo pake 2A,ga pake pwr supply lg,kan udah integrated ya.Mohon pencerahannya mas,terutama utk kabel input/outputnya..Boleh di email ke gtab2iaw@gmail.com Terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hal tersebut busa terjadi karena ada 2 tc pada power stk. Solusinya kalo mau pasang parametric, tc bawaan mesti di by paas, cari input ke power setelah tc bawaan. Dijamin suaranya gak amburadul lagi. Semoga bisa membantu.

      Makasih udah berkunjung.

      Salam Audio

      Hapus
  6. thanks ea udah mau plublikasi
    mudah mudahan bisa bermanfaat bagi yang mau belajar

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. Di travo 10A saya tidak ada tegangan 15 volt untuk pasang tone control parametricnya, bisa kah tone ini di pasang pada pada tegangan 20 volt, mohon pencerehannya gan.trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja mas dipasang pd tegangan 20v, tambahkan saja dioda 2 buah, pada trafo, masing2 1 pada keluaran 20 volt ac, kemudian tambahkan heatsink pada ic 7815 dan 7915. Semoga bisa membantu.

      Thx.

      Salam Audio

      Hapus
  9. saya mau pesen TC parametric nya om, gimana caranya? thx

    BalasHapus
  10. GAN MAU TANYA KLO TC PARAMATRIK STEREO OUTPUTNYA DI PASANG 2 ATAU LEBIH POWER AMPLI STEREO GIMANA CARANYA

    BalasHapus
  11. ada ngga yang harganya rp 250 rb

    BalasHapus
  12. bang win aku juga pesen 1 tc parametri sterio...dan tolong di kasih tau cara pemasangannya....suwun...

    BalasHapus
  13. KLO PESEN TONE CONTROLNYA SAJA BISA SAMA DI GANTI CABEL UNTUK DI BAGI KE BOX

    BalasHapus

Silakan Beri Komentar.
Terimakasih Telah Berkunjung.